Astri, Survia
(2023)
Peningkatan Basil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Discovery Learning pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SDN 02 Sungai Beremas Kabupaten Pasaman Barat.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu. Hal ini disebabkan karena guru belum mampu menggunakan model pembelajaran yang inovatif, sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan model Discovery Learning untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V Sekolah Dasar.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru dan peserta didik di kelas V yang berjumlah 27 orang pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Sumber data yang digunakan adalah RPP dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN 02 Sungai Beremas Kabupaten Pasaman Barat dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumen analisis, observasi, tes, dan non tes.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada penilaian RPP siklus I
89,76% (baik) meningkat pada siklus II 95,45% (sangat baik), penilaian aspek guru pada siklus I 89% (baik) meningkat pada siklus II 96,87% (Sangat Baik), penilaian aspek peserta didik pada siklus I 85,93% (baik) meningkat pada siklus II 93,75% (sangat baik), dan hasil belajar peserta didik pada siklus I 75,5 (C)
meningkat pada siklus II 87,52 (B). Dapat disimpulkan bahwa model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN 02 Sungai Beremas Kabupaten Pasaman Barat
Actions (login required)
|
View Item |