Melini, Priti
(2023)
Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Adobe Animate
CC terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X di SMA Negeri 7
Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui hasil belajar geografi siswa
kelas kontrol, 2) mengetahui hasil belajar geografi siswa kelas eksperimen, dan 3)
mengetahui pengaruh dari penerapan media pembelajaran Adobe Animate CC
terhadap hasil belajar geografi siswa kelas X di SMA Negeri 7 Padang.
Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design dengan
pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA
Negeri 7 Padang yang berjumlah 287 siswa. Sampel pada penelitian ini
menggunakan teknik purposive sampling yang terbagi menjadi kelas kontrol yaitu
kelas X2 dan kelas eksperimen yaitu kelas X3 dengan jumlah masing-masing kelas
sebanyak 36 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah Posttest Only Control
Group Design. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah obsrvasi untuk
melihat kondisi sekolah, tes untuk memperoleh data hasil belajar siswa, kuesioner
untuk mendapatkan tanggapan siswa terhadap penerapan media pembelajaran
Adobe Animate CC, dan dokumentasi sebagai penyempurna data. Teknik analisis
data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis
dengan menggunakan teknik independent sample t-test (uji-t).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan
pada hasil belajar siswa antara kelas kontrol yang menggunakan media
pembelajaran konvensional dengan kelas eksperimen yang menggunakan media
pembelajaran Adobe Animate CC. Berdasarkan hasil uji-t pada posttest kelas
kontrol dan kelas eksperimen, diperoleh nilai signifikansi (2- tailed) sebesar 0,000
yang artinya lebih kecil dari 0,05. Selain itu, berdasarkan hasil analisis data
kuesioner mengenai tanggapan siswa, media pembelajaran Adobe Animate CC
memberi pengaruh positif terhadap kegiatan pembelajaran dengan perolehan skor
rata-rata sebesar 95,2% untuk tanggapan setuju, dan 4,8% untuk tanggapan tidak
setuju terhadap pernyataan yang telah diberikan. Dalam hal ini, skor untuk
tanggapan setuju lebih besar daripada tanggapan tidak setuju. Berdasarkan kriteria
interpretasi kuesioner, skor >50% tergolong dalam kriteria positif.
Actions (login required)
|
View Item |