Putri, Monica
(2023)
Customer Engagement sebagai Bentuk Modal
Sosial dalam Kebertahanan Bisnis Online Instagram (Studi Kasus: Online
Shop di Kelurahan Air Tawar Barat Kota Padang).
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk modal sosial yang
digunakan dalam membangun customer engagement untuk kebertahanan bisnis
online Instagram pembisnis yang ada di Kelurahan Air Tawar Barat Kecamatan
Padang Utara Kota Padang. Permasalahan ini menarik karena modal sosial
menjadi salah satu faktor penting yang harus dimiliki oleh pembisnis online
Instagram untuk mempertahankan bisnis mereka.
Penelitian ini menggunakan teori modal sosial dari Putnam Robert dalam
menganalisis temuan penelitian. Metode penelitian yang digunakan adalah
pendekatan kualitatif, dengan tipe penelitian studi kasus intrinsik, pemilihan
informan dilakukan secara purposive sampling dengan 7 orang pembisnis online
Instagram dan 8 orang pelanggan dengan total keseluruhan 15 orang informan.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi
non partisipan dimana peneliti tidak melihat langsung dalam kegiatan kelompok.
Wawancara mendalam peneliti mengajukan beberapa pertanyaan terkait bentuk
modal sosial yang digunakan dalam customer engagement untuk kebertahanan
bisnis online Instagram, studi dokumentasi digunakan peneliti meliputi foto dan
sreenshot postingan informan di Instagram. Untuk memeriksa keabsahan data
penelitian maka peneliti menggunakan teknik triangulasi data. Data ini dianalisis
menggunakan pola analisis Miles dan Huberman dengan cara pengumpulan data,
reduksi data, penyajian data, dan penarik kesimpulan
Hasil penelitian menujukkanbentuk strategi yang dijadikan modal sosial
bagi pembisnis online di Instagram adalah sebagai berikut; pertama, Membangun
kepercayaan (trust) pelanggan dengan memberikan jaminan kualitas bagus dan
menampilkan testimoni serta celebrity endorsment. Kedua, Membangun jaringan
(relasi) sosial. Ketiga, Memberikan kenyaman dalam berbelanja kepada
pelanggan. Keempat, Memberikan harga miring dan diskon untuk meningkatkan
antusias pelanggan.
Actions (login required)
|
View Item |