Jofipasi, Torly Amora
(2023)
Analisis Perencanaan Karir Anak Berkebutuhan Khusus di SMK Negeri 6 Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Perencanaan karir adalah suatu proses yang dimiliki individu untuk menyusun dan merancang persiapan dalam pemilihan pekerjaan dan studi lanjutan agar masa depan seorang ABK dapat terwujud. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya fenomena ABK yang merasa bingung tentang perencanaan karir yang sesuai dengan kemampuan keterampilan dan minat mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesiapan perencanaan karir bagi anak berkebutuhan khusus yang bersekolah di sekolah inklusif.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif berupa studi kasus. Penelitian ini difokuskan terhadap siswa ABK terhadap kesiapan perencanaan karir mereka pasca sekolah. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk mendeskripsikan tentang perencanaan karir anak berkebutuhan khusus, Peneliti menggunakan analisis data melalui tiga tahapan yaitu (1) reduksi data ( data reduction); (2) paparan data (data display); (3) penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclusion drawing /verifying).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek penelitian terkait perencanaan karirnya: Pertama, ABK sudah mengetahui potensi minat bakat karirnya, ABK sudah mampu untuk menentukan lanjutan karirnya pasca sekolah. Kedua, pelaksanaan kegiatan perencanaan karir di sekolah dan diluar sekolah sangat membantu kesiapan perencanaan karir ABK, hal tersebut juga didukung dan dibantu dari Guru BK Orang Tua dan teman Subjek. Ketiga, mengevaluasi hasil perencanaan karir ABK dalam mempersiapkan karirnya pasca sekolah. Sehingga didapati hasil ABK telah siap dalam perencanaan karirnya dengan beberapa tahapan evaluasi meyakinkan kesiapan perencanaan karir pasca sekolah.
Actions (login required)
|
View Item |