Sukma, Husnia Hamdyah
(2023)
Hubungan Dukungan Sosial Orangtua dengan Stres Akademik Mahasiswa Perantau.
Skripsi thesis, Univesitas Negeri Padang.
Abstract
Penyesuaian diri sangat dibutuhkan oleh mahasiswa perantau, karena mahasiswa perantau akan menghadapai perubahan yang signifikan di lingkungan yang baru. mahasiswa yang tidak mampu beradapstasi akan mengalami stres oleh karena itu adapatasi kehidupan kampus sangat penting. salah satu faktor ekstemal mahasiswa mengalam stres akademik ialah kurangnya dukungan sosial. Penelitian ini bertujuan: ( 1) mendeskripsikan dukungan sosial orangtua mahasiswa perantau, (2) mendeskripsikan stres akademik mahasiswa perantau, dan (3) untuk menguji hubungan dukungan sosial orangtua dengan stres akademik mahasiswa perantau.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional. Subjek penelitian ini sebanyak 137 mahasiswa perantau dengan teknik Simple Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket dengan menggunakan skala likert. Data dianalisis dengan teknik statistik deskripstif dan untuk menguji hubungan dukungan sosial orangua dengan stres akademik digunakan teknik pearson product moment correlation.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : ( 1) dukungan sosial orangtua mahasiswa perantau umumnya berada pada kategori sedang, (2) stres akademik mahasiswa perantau pada kategori sedang, dan (3) terdapat hubungan antara dukungan sosial orangtua dengan stres akademik pada mahasiswa perantau dengan koefisien korelasi -0.446 dan nilai signifikan 0,000 dan hubungan tersebut berarah negatif. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan orang tua dapat memberikan dukungan sosial agar mahasiswa mendapatkan dukungan sosial orangtua dengan baik sehingga mahasiswa tidak mengalami stres akademik.
Actions (login required)
|
View Item |