Utami, Tita Tiara
(2022)
Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Value Clarification Technique (VCT) Model Matriks Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V SDN 53 Kampung Jambak Kota Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Peningkatan hasil belajar pada pembelajaran tematik terpadu menekankan
kepada keaktifan peserta didik dalam mencari dan menggali informasi. Pembelajaran berbasis masalah melatih peserta didik untuk berfikir kritis dan aktif. Sedangkan kondisi di lapangan menunjukan bahwa peserta didik tidak telatih
untuk berfikir kritis dan masih tergolong pasif serta hasil belajar peserta didik
yang sangat rendah. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan Peningkatan
Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Value Clarification Technique
(VCT) Model Matriks Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V SDN 53
Kampung Jambak Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan
pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan pada semester II
tahun ajaran 2020/2021. Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik kelas V
SDN 53 Kampung Jambak Kota Padang. Dilaksanakan dua siklus, siklus pertama
dua kali pertemuan, siklus ke dua satu kali pertemuan. Prosedur penelitian
meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data di dapat dari hasil pengamatan tes dan non tes. Hasil pengamatan rancangan pelaksanaan pembelajaran siklus I diperoleh
nilai rata-rata 80,5% dengan kualifikasi B, meningkat pada siklus II menjadi 94%
dengan kualifikasi SB. Nilai rata-rata aspek guru siklus I diperoleh 81,25% dengan
kualifikasi B, meningkat pada siklus II 94% dengan kualifikasi A. Sedangkan nilai
rata-rata aspek peserta didik siklus I diperoleh 81% dengan kualifikasi B, meningkat pada siklus II diperoleh 94% dengan kualifikasi A. Hasil belajar
peserta didik pada siklus I di peroleh rata-rata 73,75% dengan kualifikasi B-, meningkat pada siklus II menjadi 94% dengan kualifikasi A. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Model pembelajaran Value Clarification Technique
(VCT) Model Matriks dapat meningkatkan hasil pembelajaran tematik terpadu di
kelas V SDN 53 Kampung Jambak Kota Padang
Actions (login required)
|
View Item |