Patika, Sindi
(2022)
Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning
Terhadap Hasil Belajar Keliling dan Luas Bangun Datar Di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Gugus I Kabupaten Pesisir Selatan.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran yang belum
pernah menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning yang dapat
mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari, sehingga pembelajaran lebih
bermakna. Proses pembelajaran hanya mengamati buku peserta didik dengan
menggunakan pendekatan Saintifik tanpa memberikan pengalaman langsung
kepada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
pendekatan Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar keliling dan
luas bangun datar di kelas IV Sekolah Dasar Negeri Gugus I Kabupaten Pesisir
Selatan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan
Quasi Experimental Design. Design penelitian yang digunakan adalah
Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan
Probability Sampling dengan jenis Cluster Random Sampling, dengan hasil kelas
sampel terpilih SDN 15 Lansano kelas IV A dijadikan kelas eksperimen dan Kelas
IV B dijadikan kelas kontrol. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini
adalah tes objektif dan teknik analisis data yang digunakan adalah uji statistik
inferensial dengan uji-t.
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh rata-rata pretest pada kelas
eksperimen yang menerapkan pembelajaran menggunakan pendekatan Contextual
Teaching and Learning adalah 31,23 dan nilai rata-rata hasil belajar posttest kelas
eksperimen adalah 80,32. Sedangkan pembelajaran di kelas kontrol yang
dibelajarkan menggunakan pendekatan saintifik memiliki rata-rata hasil belajar
pretest adalah 31,82 dan rata-rata hasil belajar posttest adalah 67,00. Hal ini
menunjukkan hasil belajar keliling dan luas bangun datar kelas eksperimen lebih
tinggi dari kelas kontrol. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji-t, diperoleh
thitung = 2,96 > ttabel = 2,01808 dengan taraf signifikan 0,05, maka dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pendekatan
Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar keliling dan luas bangun
datar di kelas IV Sekolah Dasar Negeri Gugus I Kabupaten Pesisir Selatan
Actions (login required)
|
View Item |