Purba, Rosania
(2022)
Peningkatan Hasil Belajar FPB dan KPK Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme di Kelas IV SDN 175774 Sibaragas Kabupaten Tapanuli Utara.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar FPB dan KPK di kelas
IV SDN 175774 Sibaragas. Guru kurang dalam mengembangkan motivasi siswa
terhadap materi yang akan dipelajari, belum ada usaha maksimal dari guru untuk
dapat mengaktifkan pengetahuan awal yang dimiliki siswa, guru kurang menggali
ide yang dimiliki siswa dalam menentukan konsep, guru kurang memberikan
kesempatan dalam merekonstruksi gagasan siswa dalam diskusi kelompok, serta
guru kurang memupuk kemampuan siswa dalam memecahkan masalah dari ide
yang dimiliki siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan
perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, peningkatkan hasil belajar FPB dan
KPK menggunakan pendekatan konstruktivisme di kelas IV SDN 175774
Sibaragas Kabupaten Tapanuli Utara.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan
menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pelaksanaanya dilakukan
dalam 2 siklus. Siklus I terdiri dari 2 pertemuan dan siklus II terdiri dari 1
pertemuan.setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan serta refleksi. Teknik pengumpulan data didapatkan dari
instrumen penelitian meliputi, lembar observasi dan lembar tes. Subjek dalam
penelitian ini adalah siswa kelas IV sdn 175774 Sibaragas dengan jumlah siswa
sebanyak 24 orang.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada: a) RPP siklus I
dengan rata-rata presentase 82,5% dengan kriteria baik (B) kemudian meningkat
pada siklus II menjadi 95% dengan predikat (SB), b) pelaksanaan aktivitas guru
siklus I dengan rata-rata persentase 82,17% dengan kriteria baik (B), meningkat
pada siklus II menjadi 93% dengan kriteria sangat baik (SB), c) pelaksanaan
aktivitas siswa siklus I memperoleh peningkatan dengan rata-rata persentase
80,38% dengan predikat baik (B) meningkat pada siklus II menjadi 92,86%
dengan kriteria (SB), dan d) hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh rata-rata
74,93 (C), kemudian meningkat pada siklus II menjadi 85,69 dengan predikat
(B). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning
Pendekatan Konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar FPB dan KPK di
Sekolah Dasar.
Actions (login required)
|
View Item |