Sari, Putri Nilam
(2022)
Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Two Stay Two Stray Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas IV SDN 53 Kampung Jambak Kota Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ada yakni
menunjukkan kurang nya keaktifan peserta didik dalam pembelajaran tematik
terpadu di kelas IV SDN 53 Kampung Jambak Kota Padang. Hal ini dikarenakan
guru belum mampu mengembangkan model pembelajaran yang cocok dan inovatif
untuk dapat meningktkan hasil belajar peserta didik. Hal ini mengakibatkan
rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Peningkatan Hasil Belajar Peserta
Didik Menggunakan Model Two Stay Two Stray Pada Pembelajaran Tematik
Terpadu Kelas IV SDN 53 Kampung Jambak Kota Padang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan
pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan pada semester II
tahun ajaran 2020/2021. Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik kelas IV
SDN 53 Kampung Jambak Kota Padang. Dilaksanakan dua siklus , siklus pertama
dua kali pertemuan , siklus ke dua satu kali pertemuan.
Hasil pengamatan rancangan pelaksanaan pembelajaran siklus I diperoleh
nilai rata-rata 80,16% dengan kualifikasi B, meningkat pada siklus II menjadi
91,67% dengan kualifikasi SB. Nilai rata-rata aspek guru siklus I diperoleh
85,71% dengan kualifikasi B, meningkat pada siklus II 92,85% dengan kualifikasi
SB. Sedangkan nilai rata-rata aspek peserta didik siklus I diperoleh 83,92%
dengan kualifikasi B, meningkat pada siklus II diperoleh 92,85% dengan
kualifikasi A. Hasil belajar peserta didik pada siklus I di peroleh rata-rata 74%
dengan kualifikasi C, meningkat pada siklus II menjadi dengan 86% kualifikasi
A.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Model pembelajaran Two Stay
Two Stray dapat meningkatkan hasil pembelajaran tematik terpadu di kelas IV
SDN 53 Kampung Jambak Kota Padang.
Actions (login required)
|
View Item |