Maharani, Milla
(2022)
Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Strategi Learning Start With A Question pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SDN 27 Kinali.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya minat bertanya peserta
didik. Permasalahan ini terjadi dalam proses belajar mengajar diantaranya peserta
didik kurang memahami materi, kurang berantusiasnya peserta didik dalam
menerima pelajaran, kurangnya inovasi strategi dalam belajar sehingga
mengakibatkan rendahnya hasil belajar peserta didik.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pada pelaksanaannya
penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu, tahap
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di
semester II tahun ajaran 2021/2022. Data penelitian diperoleh dengan
menggunakan observasi, tes dan non tes. Subjek penelitian ini adalah guru dan
siswa kelas IV SDN 27 Kinali
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi Learning Start with A
Question menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu: 1)
Penilaian RPP siklus I rata-rata 72,22% dengan kualifikasi cukup. Meningkat
pada siklus II menjadi 88,88% dengan predikat baik. 2) penilaian pada aspek guru
siklus I rata-rata 66,66% dengan predikat cukup, dan meningkat pada siklus II
menjadi 83,33% dengan predikat baik. 3) penilaian pada aspek peserta didik siklus
I rata-rata 66,66% dengan predikat cukup, dan meningkat pada siklus II menjadi
83,33 dengan predikat baik. 4) penilaian pada aspek pengetahuan dan
keterampilan siklus I rata-rata 67,40% dengan predikat cukup, dan meningkat
pada siklus II menjadi 80,99% dengan predikat baik. Dengan demikian,
pembelajaran tematik terpadu dengan strategi Learning Start with A Question
dapat meningkatkan hasil belajar peserta pada di kelas IV SDN 27 Kinali
Actions (login required)
|
View Item |