Aulia, Mayeza
(2022)
Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Berbasis Model Project Based Learning pada Tema 8 Kelas IV SD di Kecamatan Baso.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian dilatarbelakangi oleh penggunaan bahan ajar yang kurang
melaksanakan kegiatan proyek. Penggunaan bahan ajar kelas IV SDN 01 Baringin
Anam masih menuntut pada Teacher Centered, guru masih belum mampu
menggunakan bahan ajar sebagai sarana kegiatan belajar kelompok dan belum
mampu memberikan motivasi bertanya kepada peserta didik. Untuk itu perlu
dikembangkan bahan ajar yang berorientasi model pembelajaran. Penelitian ini
bertujuan menghasilkan bahan ajar tematik dengan model Project Based Learning
pada tema 8 untuk peserta didik kelas IV SD yang valid, praktis, dan efektif.
Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan (research and
development). Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D.
Penelitian ini dilakukan di SDN 01 Baringin Anam dengan subjek penelitian
siswa kelas IV SD. Data penelitian uji validitas diperoleh melalui lembar validasi
bahan ajar. Data kepraktisan dikumpul melalui lembar observasi keterlaksanaan
RPP, angket respon guru dan peserta didik. Keefektifan dilihat dari aktivitas, dan
hasil belajar siswa.
Berdasarkan uji validitas, diperoleh data bahwa persentase rata-rata
bahan ajar diperoleh 94,86% dari validator ahli dan validator praktisi dengan
kategori sangat valid. Hasil uji praktikalitas dari keterlaksanaan RPP dengan
persentase 95% dengan kategori sangat praktis. Penilaian respon guru diperoleh
97,03% dan penilaian respon siswa 92,30% dengan kategori sangat praktis.
Penilaian aktivitas siswa diperoleh 83,05% kategori aktif sekali. Penilaian hasil
belajar diketahui bahwa persentase ketuntasan hasil di atas KKM. Berdasarkan
hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar tematik dengan model Project
Based Lerning untuk peserta didik kelas IV SD sudah valid, praktis, dan efektif.
Actions (login required)
|
View Item |