Khairahayati, Khairahayati
(2022)
Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran
Tematik Terpadu dengan Model Discovery Learning di Kelas IV SD Negeri 19 Ambacang Anggang Kabupaten Pasaman.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik yang
rendah, perencanaan pembelajaran belum maksimal, RPP yang terdapat pada buku
guru belum dikembangkan, penggunaan model pembelajaran yang belum tepat.
Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk mendeskripsikan peningkatan
hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dengan model
Discovery Learning di kelas IV SD.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang
dilaksanakan di kelas IV. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dan
kuantitatif. Prosedur penelitian ini yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan
dan refleksi. Penelitian dilakukan pada semester II tahun ajaran 2021/2022.
Subjek penelitian yaitu guru dan peserta didik kelas IV, yang berjumlah 24 0rang,
13 orang perempuan dan 11 orang laki-laki.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan, hal ini
menunjukkan bahwa a) Rata-rata perencanaan pembelajaran siklus I memperoleh
nilai 81,75% dengan kualifikasi baik (B), meningkat pada siklus II menjadi 93,1%
dengan kualifikasi sangat baik (SB), b) Pelaksanaan pembelajaran pada aspek
guru, siklus I 82,8% dengan kualifikasi baik (B) dan meningkat pada siklus II
menjadi 96,8% dengan kualifikasi sangat baik (SB) dan pada aspek peserta didik
siklus I diperoleh 82,8% dengan kualifikasi baik (B) dan meningkat pada siklus II
menjadi 96,8% dengan kualifikasi sangat baik (SB), c) Hasil belajar peserta didik
siklus I memperoleh nilai 75% dengan kualifikasi cukup (C) dan meningkat pada
siklus II menjadi 90,8% dengan kualifikasi sangat baik (SB). Dari analisis diatas
model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada
pembelajaran tematik terpadu di kelas IV sekolah dasar.
Actions (login required)
|
View Item |