Chairunnisya, Poejha
(2022)
Kemandirian Belajar Siswa saat Pembelajaran Daring dan Implikasinya dalam Layanan Bimbinganan Konseling.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya fenomena siswa MTsN 3
Padang yang belum memiliki kemandirian belajar seperti kurangnya inisiatif,
siswa tidak mampu mengatasi masalahnya sendiri dalam belajar, masih meminta
bantuan kepada orang lain dalam mengerjakan tugas, siswa tidak dapat
merencanakan dan memilih kegiatan belajar sendiri, terlambat mengumpulkan
tugas, tidak dapat menentukan tujuan dalam belajar seperti hanya ikut-ikutan saja,
siswa tidak mau mencari sumber lain dalam belajar dan hanya mengandalkan dari
sumber guru saja. Kemandirian belajar dimana individu dapat mengambil inisiatif
dengan tanpa bantuan orang lain saat pembelajaran daring dengan begitu akan
akan terjadi proses perubahan dalam diri individu. Adapun tujuan dari penelitian
ini adalah untuk mendeskripsikan kemandirian belajar siswa saat pembelajaran
daring di MTsN 3 Padang.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif menggunakan metode kuantitatif.
Populasi penelitian adalah sebanyak 700 orang siswa dan sampel dalam penelitian
ini 255 siswa MTsN 3 Padang yang dipilih menggunakan teknik Simple Random
Sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen dalam
bentuk angket kemandirian belajar siswa. Data dianalisis dengan teknik statistik
deskriptif .
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kemandirian belajar siswa saat
pembelajaran daring pada umumnya berada pada kategori cukup mandiri.
Berdasarkan masing-masing aspek yaitu pada aspek evaluasi diri terdapat
kategori mandiri, pada aspek mengukur dan mengubah terdapat kategori sangat
mandiri, pada aspek menetapkan tujuan dan perencanaan terdapat kategori cukup
mandiri, pada aspek mencari infromasi terdapat ketegori cukup mandiri, pada
aspek menyimpan catatan dan memantau terdapat kategori tidak mandiri, pada
aspek mengatur lingkungan terdapat kategori cukup mandiri, pada aspek
konsekuensi diri terdapat kategori cukup mandiri, pada aspek mengulang dan
mengingat terdapat kategori sangat mandiri, lalu pada aspek mencari dukungan
sosial terdapat kategori cukup mandiri, dan aspek memeriksa catatan terdapat
kategori cukup mandiri.
Actions (login required)
|
View Item |