Lizar, Nadia Hilallia
(2022)
Hubungan Dukungan Sosial Orangtua dengan Burnout pada Siswa di Masa Pandemi Covid-19.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya siswa yang merasakan burnout,
yang mana siswa merasa jenuh terhadap belajar, sehingga banyak siswa yang
enggan untuk mengikuti pelajaran. Burnout pada penelitian ini mengkaji apakah
siswa memiliki dukungan sosisal yang cukup dari orangtua. Penelitian ini
bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan dukungan sosial orangtua terhadap proses
belajar siswa selama pandemi Covid-19, (2) mendeskripsikan burnout (3)
mengidentifikasi apakah terdapat hubbungan yang signifikan antara dukungan
sosial orangtua dengan burnout pada siswa di sekolah.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan korelasional. Populasi
penelitian adalah sebanyak 896 orang siswa kelas VII, VIII dan IX SMP N 12
Padang dan sampel sebanyak 320 orang siswa dengan menggunakan teknik
stratified random sampling. Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner dukungan
sosial orangtua dan burnout. Data dianalisis menggunakan teknik statistik
deskriptif dan teknik Pearson Product Moment untuk mengetahui hubungan
kematangan emosi dengan penyesuaian diri melalui program statistik SPSS for
windows release 20.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) dukungan sosial orangtua pada
umumnya berada pada kategori tinggi (2) burnout pada umumnya berada pada
kategori tinggi, (3) terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan sosial
orangtua dan burnout pada siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini, dukungan
sosial orangtua menjadi alternatif yang perlu diperhatikan dalam membantu
permasalahan-permasalahan dalam proses pembelajaran sehingga tidak terjadinya
burnout pada siswa.
Actions (login required)
|
View Item |