Haikal. JB, Ahmad
(2022)
Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Cooperative
Tipe Group Investigation (GI) Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SDN 03 Pakan Labuah Kota Bukittingi.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Berdasarkan hasil yang dilakukan di SDN 03 Pakan Labuah Kota
Bukittinggi, terlihat bahwa hasil belajar dalam pembelajaran Tematik kelas IV SD
masih rendah, hal ini disebabkan oleh pembelajaran yang masih di dominasi oleh
guru dan ditambah akibat dari pandemi covid 19 yang melanda pendidikan di
dunia termasuk Indonesia. Sehingga membutuhkan media pembelajaran yang
tepat untuk mengatasi masalah ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
efektivitas media video tutorial terhadap hasil belajar Bimbingan TIK pada kelas
VIII SMP N 4 Bukittinggi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian
Quasy Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak
2 kelas yang berjumlah 46 orang dengan teknik penarikan sampel Purposive
Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang dibagi atas 2
kelompok yaitu kelas IVA kelompok eksperimen dan kelas IVB kelompok
kontrol. Sebelum data dianalisis terlebih dahulu dilakukan uji validitas, uji
reabilitas, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis sebagai syarat untuk
melakukan uji perbedaan rata-rata dengan menggunakan t-tabel.
Hasil penelitian ini didapat nilai rata-rata yang menggunakan pembelajaran
cooperative tipe group investigation berbantuan video adalah 83,13 dan Standar
Deviasi sebesar 13,264, sedangkan rata-rata nilai pembelajaran konvensional yaitu
dengan nilai rata-rata 62,78 dan standar deviasi sebesar 7.860. Berdasarkan
perhitungan uji t-test diperoleh thitung 15.042 dengan taraf signifikan α = 0,05,
dengan ttabel 2.080. Dengan demikian pemanfaatan pembelajaran cooperative tipe
group investigation berbantuan video efektif terhadap hasil belajar Tematikk di
kelas IV SDN 03 Pakan Labuah Bukittinggi pada tahun ajaran 2021/2022.
Actions (login required)
|
View Item |