Nabila, Vania Putri
(2023)
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaraan Kooperatif
Tipe Connecting, Organizing, Reflecting, Extending
Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta
Didik Kelas VIII SMPN 4 Bukittinggi.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Salah satu tujuan pembelajaran matematika yang sangat penting adalah
memahami konsep matematika. Namun, berdasarkan hasil tes yang dilakukan di
kelas VIII SMPN 4 Bukittinggi menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematis
peserta didik masih tergolong rendah. Salah satu model pembelajaran yang dapat
diterapkan pendidik untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta
didik adalah model pembelajaran kooperatif tipe Connecting, Organizing,
Reflecting, Extending. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan
mendeskripsikan pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan
model pembelajaran kooperatif tipe Connecting, Organizing, Reflecting, Extending
lebih baik daripada peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran langsung
di kelas VIII SMPN 4 Bukittinggi.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment dengan
rancangan penelitian Non-equivalent Posttest-only Kontrol Group Design. Populasi
pada penelitian ini adalah kelas VIII SMPN 4 Bukittinggi. Pengambilan sampel
dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling, sehingga diperoleh kelas VIII
C sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII E sebagai kelompok kontrol.
Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pemahaman konsep matematis
berbentuk soal essay. Hasil tes tersebut dianalisis dengan uji hipotesis
menggunakan uji Mann Whitney karena salah satu sampel tidak berdistribusi
normal.
Berdasarkan hasil analisis data dan uji hipotesis, menunjukkan bahwa pada
taraf signifikan 0,05 diperoleh P-value 0,0209, karena P-value < 0,05, maka tolak
H
0
. Dengan demikian disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis peserta
didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Connecting,
Organizing, Reflecting, Extending memberikan pengaruh terhadap pemahaman
konsep matematis peserta didik terutama pada indikator 1-6, namun pada indikator
7 dan 8 masih perlu diperbaiki. .
Actions (login required)
|
View Item |