Wahyuni, Riza
(2023)
Klasifikasi Status Kerja pada Angkatan Kerja di Provinsi
Kepulauan Riau Tahun 2021 Menggunakan Algoritma
Classification and Regression Tree.
Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Masalah ketenagakerjaan dan pengangguran merupakan faktor yang
menghambat pertumbuhan ekonomi di negara maju dan negara berkembang. Hal
ini disebabkan karena terjadinya ketidakseimbangan jumlah penduduk angkatan
kerja dengan kesempatan kerja yang akan mengakibatkan tingginya tingkat
pengangguran terbuka. Peningkatan jumlah angkatan kerja akan berdampak pada
status kerja yaitu bekerja dan tidak bekerja. Tujuan dari penelitian ini untuk
mengetahui bentuk model dari klasifikasi status kerja pada angkatan kerja dan
faktor-faktor yang berpengaruh terhadap status kerja pada angkatan kerja di
Kepulauan Riau tahun 2021.
Metode CART adalah salah satu metode atau algoritma dari teknik pohon
keputusan. CART menghasilkan kumpulan data yang akurat sebagai karakteristik
dalam mengklasifikasikan status kerja pada angkatan kerja. Jenis penelitian ini
tergolong penelitian terapan. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah data sekunder yang diperoleh dari hasil SAKERNAS Provinsi Kepulauan
Riau Tahun 2021. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel respons (Y)
status angkatan kerja dan variabel penjelas (X) yaitu usia, jenis kelamin, tingkat
pendidikan, status dalam rumah tangga, status perkawinan, tempat tinggal dan
pelatihan kerja.
Hasil penelitian menggunakan metode CART menghasilkan sebuah
diagram pohon yang terdiri dari 5 terminal node, 3 diantaranya memiliki label
kelas bekerja dan 2 diantaranya memiliki label kelas tidak bekerja
(pengangguran). Berdasarkan hasil terminal node tersebut diperoleh faktor-faktor
yang berpengaruh terhadap status kerja pada angkatan kerja di Provinsi
Kepulauan Riau Tahun 2021 yaitu status perkawinan, tempat tinggal, tingkat
pendidikan dan jenis kelamin. Selanjutnya diperoleh akurasi ketepatan model
klasifikasi pada penelitian ini secara tepat sebesar 71,65%.
Actions (login required)
|
View Item |