Jannah, Miftahul
(2023)
Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning
Berbasis LSLC pada Materi Kimia Unsur Golongan Utama
Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMAN 14 Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Model pembelajaran yang tepat dalam mendukung keaktifan siswa merupakan
salah satu faktor dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Materi kimia unsur di
SMAN 14 Padang masih berpusat pada guru (teacher-centered) sehingga dibutuhkan
suatu model pembelajaran yang menciptakan keaktifan siswa. Solusinya dengan
menerapkan model pembelajaran guided discovery learning. Penerapan model
pembelajaran guided discovery learning dapat dilakukan dengan sistem pembelajaran
yang mendukung proses belajar-mengajar di kelas. Sistem tersebut dikenal dengan
istilah Lesson Study for Learning Community (LSLC). Sistem LSLC membantu
memperbaiki kualitas pembelajaran dengan adanya proses perencanaan dan refleksi
pembelajaran. Tujuan penelitian adalah menganalisis pengaruh model pembelajaran
guided discovery learning berbasis LSLC pada materi kimia unsur golongan utama
terhadap hasil belajar siswa di SMAN 14 Padang.
Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan menggunakan desain
pretest-posttest control group design. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XII
MIPA di SMAN 14 Padang pada tahun ajaran 2022/2023. Pengambilan sampel
dilakukan dengan teknik simple random sampling, sehingga diperoleh kelas XII
MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XII MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Data
penelitian berupa data primer yang diperoleh dari hasil pretest dan posttest. Instrumen
penelitian berupa soal tes pilihan ganda sebanyak 20 butir soal. Data yang diperoleh
dianalisis dengan uji normalitas, homogenitas, dan hipotesis.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar pada
kelas eksperimen dan kontrol. Data yang diperoleh berdistribusi secara normal
dengan varian yang homogen. Maka uji hipotesis dilakukan dengan uji-t dengan
diperoleh hasil nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,047 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan
bahwa hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran guided discovery
learning berbasis LSLC dapat meningkat secara signifikan daripada hasil belajar
siswa tanpa menggunakan model pembelajaran guided discovery learning berbasis
LSLC.
Actions (login required)
|
View Item |