Zahrah, Fadhilah
(2023)
Analisis Panjang Antrian dengan Tundaan Persimpangan Bersinyal
(Studi Kasus Jalan s. Parman).
Skripsi thesis, Fakultas Teknik.
Abstract
Pesatnya perkembangan kota, semakin meningkatnya arus lalu lintas disebuah kota tersebut memerlukan perhatian khusus untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan. Penggunaan kendaraan pribadi menjadi salah satu dampak dalam meningkatnya kemacetan jalan dan persimpangan di Indonesia. Kota Padang merupakan salah satu kota yang banyak memiliki persimpangan dan memiliki masalah kemacetan yang cukup panjang di jam-jam sibuk, diantaranya adalah simpang bersinyal jalan S. Parman. Survei volume kendaraan ditinjau berdasarkan tiga jenis yaitu MC, LV, dan HV, dan kemudian dilakukan perhitungan dengan berdasarkan ketentuan yang terdapat dalam MKJI 1997.
Simulasi menggunakan Software PTV Vissim Student Version 2023 dimana nanti akan terlihat pergerakan arus lalulintas di persimpangan tersebut. Penelitian yang dilakukan selama sepekan dengan penetapan hari kerja dan weekend yaitu hari Senin, Kamis, dan Sabtu. Analisa data berupa perhitungan nilai panjang antrian, tundaan dan derajat kejenuhan pada persimpangan. Hasil survei volume kendaraan menyatakan jam puncak atau paling sibuk terdapat pada hari Senin jam 06.30 – 07.30 WIB dengan total kendaraan 6.676 kend/jam melewati Fase 1 Jalan S. Parmanarah Utara.
Hasil perhitungan berdasarkan MKJI 1997 menunjukkan panjang antrian di Jalan S. Parman adalah 5.863,77 m, tundaan sebesar 1.884,69 det/smp dan derajat kejenuhan 2,04. Nilai derajat kejenuhan menunjukkan bahwa persimpangan mendekati lewat jenuh yang akan menyebabkan antrian panjang pada kondisi lalulintas puncak (MKJI, 1997). Hasil dari simulasi denganPTV Vissim Student Version 2023 menunjukkan panjang antrian sebesar 79,75 m dan tundaan sebesar 102.83 det/smp dengan nilai LOS (Level of Service)adalah F.
Actions (login required)
|
View Item |