Ayunda, Tasha Soliha
(2022)
Fungsi Sekolah lncung dalam Pelestarian Aksara Kerinci.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan fungsi sekolah Incung dalam pelestarian aksara Kerinci melalui pendidikan nonformal. Hal ini menarik untuk dikaji karena aksara Incung merupakan salah satu ciri khas daerah Kerinci perlu untuk diperkenalkan dan dipelajari oleh seluruh masyarakat Kerinci. Namun faktanya pelestarian aksara Incung belum tercapai keseluruh masyarakat Kerinci secara keseluruhan. Sehingga pada pelestarian aksara Incung ini diperlunya sebuah wadah yang bisa lebih berfokuske pada pelestarian aksara Incung.
Adapun teori untuk menganalisis permasalahan ini yaitu teori Teori
Fungsional menurut Bronislaw Malinowski yang merupakan sebuah teori yang melihat fungsi atau nilai guna dari sebuah budaya yang ada ditengah-tengah kehidupan masyarakat dan juga menjelaskan bagaimana latar belakang, fungsi serta nilai guna dari adat, tradisi, tingkah laku manusia dan pranata sosial yang ada didalam masyarakat.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif, dengan tipe penelitian studi kasus. Pemilihan informan dilakukan secara purposive sampling dengan 12 orang informan. Pengumpulan data dilakukan secara observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumen yang dianalisis dengan mengacu pada teknik analisis data interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman. Lokasi penelitian di Kota Sungai Penuh dan Kabupaten Kerinci.
Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan menunjukan bahwa
fungsi dari sekolah Incung yaitu:1) Sekolah Incung memiliki fungsi mengedukasi kepada para peserta untuk menambah wawasan serta ilmu budaya khususnya aksara Incung kepada generasi muda, 2)Sekolah Incung memiliki fungsi meliterasikan generasi muda bagaimana cara membaca dan menulis aksara Incung, 3) Sekolah Incung memiliki fungsi Pelestarian karena aktivitas atau program-program yang mereka lakukan menunjukkan upaya pelestarian aksara Kerinci.
Actions (login required)
|
View Item |