Aprinalni, Nelvia
(2022)
Peran Anggota Keluarga dalam Proses Pembelajaran Siswa SD N 03 Kuamang Nagari Panti Timur Kabupaten Pasaman.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Peran orang tua sangat dibutuhkan selama proses pembelajaran di rumah. Peran orang tua juga sangat dibutuhkan untuk proses edukasi kepada anak didik yang masih belum bisa memahami materi-materi yang diberikan guru di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran anggota keluarga selama proses pembelajaran. Penelitian ini berjenis kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi,wawancara dan dokumentasi. Peran anggota keluarga selama proses pembelajaran siswa SDN03 Kuamang N agari Pan ti Timur Kabupaten Pasaman menggunakan teori tindakan sosial voluntaristik yang digagas oleh Talcott Parson. Informan penelitian yang didapatkan dari hasil penelitian berjumlah 13 orang. Analisis data yang digunakan dalam penelitian dari Milles dan Huberman ini ialah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan berkaitan dengan judul "Peran Anggota Keluarga Dalam Proses Pembelajaran Siswa SDN 03" dapat disimpulkan bahwa terdapat beberapa peran yang hams orang tua gantikan posisi guru saat belajar di rumah yang mana diantaranya : memberi pengarahan atau pengawasan untuk mengajarkan anak, memberikan arahan kepada anak untuk bimbingan belajar atau les, menyediakan sarana dan prasarana yang memadai untuk melengkapi fasilitas belajar, meluangkan waktu pekerjaan untuk mendampingi anak belajar.
Actions (login required)
|
View Item |