Pitri, Berlian Nurhamidah
(2022)
Faktor Faktor Perilaku Cabut Siswa Pada Saat Proses Pembelajaran
di SMA N 1 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti dalam melihat faktor-faktor perilaku cabut siswa pada saat proses pembelajaran di SMAN 1 Bayang. Alasan peneliti melakukan penelitian di SMAN 1 Bayang karena merupakan salah satu sekolah yang ada di Sumatera Barat yang cukup banyak mempunyai siswa, lantaran perilaku cabut adalah perilaku yang segera ditanggani karena dapat berpengaruh terhadap akademik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan faktor-faktor yang menyebabkan perilaku cabut siswa pada saat proses pembelajaran di SMAN 1 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan.
Dalam menganalisis penelitian ini dianalisis menggunakan teori Differential Association dikemukakan oleh E.Sutherland. Teori perilaku menyimpang adalah perilaku menyimpang yang tidak disengaja dan yang disengaja, hal yang relevan untuk memahami bentuk perilaku tersebut, yang didasarkan pada arti penting proses belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian studi kasus (case study). Teknik pemilihan informan menggunakan purposive sampling dengan jumlah informan 25 orang informan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan studi dokumen. Data dianalisis dengan teknik analisis interaktif Miles dan Huberman melalui analisis yang terdiri dari tiga alur kegiatan (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa faktor-faktor yang menyebabkan perilaku cabut siswa pada saat proses pembelajaran di SMAN 1 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan adalah: faktor internal ( faktor fisik, minat belajar dan kecendrungan mata pelajaran) dan faktor ekstemal (guru yang tidak interaktif, pengelolaan kelas dan perilaku guru, lokasi cabut).
Actions (login required)
|
View Item |