Indrayani, Ratna
(2022)
Implementasi Gerakan Literasi Sekolah pada Pembelajaran Sejarah di SMA N 1 Timpeh Kabupaten Dharmasraya.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Gerakan Literasi Sekolah adalah program yang diatur dalam PeraturanMenteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 23 Tahun 2005. Pembelajaran dapat berj alan dengan baik j ika guru dapat memvariasikan berbagai metode dan model pembelajaran, begitupun dalam pembelajaran sejarah guru harus mencari solusi untuk memperbaiki proses pembelajaran sejarah yang terlihat monoton dan melalui pemanfaatan gerakan literasi sekolah pada pembelajaran sejarah agar dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memaknai peristiwa• peristiwa sejarah dalam diri siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi GerakanLiterasi sekolah Pada Pembelajaran Sejarah di SMA N 1 Timpeh Kabupaten Dharmasraya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi Gerakan LiterasiSekolah pada pembelajaran Sejarah di SMA N1Timpeh dilaksanakan dalam beberapa tahap. Tahap pembiasaan guru memberikan waktu 15 menit untuk siswa membaca buku pegangan mata pelajaran sejarah, tahap pengembangan ini guru membimbing siswa untuk berfikir kritis, kreatif, dan inovatif dengan mengajukan pertanyaan mengenai materi pembelajaran sejarah. Selanjutnya tahap pembelajaran, pada tahap ini guru mengajak siswa untuk mengaitkan pembelajam sejarah yang telah diajarkan ke dalam pengalaman sehari-hari stswa.
Actions (login required)
|
View Item |