Angryanof, Natasya Putri
(2023)
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta
Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Payakumbuh.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Pemahaman konsep matematis merupakan salah satu tujuan dari pembelajaran
matematika yang harus dimiliki oleh peserta didik. Namun berdasarkan hasil tes yang
dilakukan di SMA Negeri 2 Payakumbuh diperoleh pemahaman konsep matematis
peserta didik masih rendah. Hal ini dapat ditingkatkan dengan menerapkan model
pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui, menganalisis dan mendeskripsikan apakah pemahaman
konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif
tipe TAI lebih baik daripada pemahaman konsep matematis peserta didik di kelas
konvensional.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian
Randomized Control Group Only Design. Populasi pada penelitian ini adalah kelas
XI MIPA 1 – XI MIPA 8 SMA N 2 Payakumbuh. Pengambilan sampel dilakukan
dengan teknik simple random sampling sehingga terpilih peserta didik kelas XI
MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen
penelitian yang digunakan adalah tes pemahaman konsep yang dianalisis
menggunakan uji hipotesis, yaitu uji-t.
Berdasarkan analisis data hasil analisis tes pemahaman konsep matematis
diperoleh bahwa pada taraf signifikan 0,05 dengan melakukan uji-t diperoleh P-value
= 0 karena P-value < α maka H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa pemahaman
konsep matematis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif
tipe TAI lebih baik daripada peserta didik yang belajar menggunakan pembelajaran
konvensional di kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Payakumbuh. Dalam hal ini, dapat
disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TAI memberikan pengaruh
terhadap pemahaman konsep matematis peserta didik.
Actions (login required)
|
View Item |