Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipen Think Pair Square (TPSq) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Silahisabungan

Sirait, Resa (2023) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipen Think Pair Square (TPSq) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Silahisabungan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_RESA_PERLIA_ANJALINA_SIRAIT_17029041_1083_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi matematika merupakan salah satu tujuan yang harus dikuasai oleh peserta didik dalam pembelajaran matematika. Kenyataan di lapangan ditemukan bahwa kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Silahisabungan masih rendah. Salah satu upaya yang dapat mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Square dalam proses pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan perkembangan kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang pembelajarannya menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Square lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang pembelajarannya dengan model pembelajaran langsung di kelas VIII SMP Negeri 1 Silahisabungan tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian quasi eksperimen dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah nonequivalent posttest-only control group design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Silahisabungan tahun pelajaran 2022/2023. Pengambilan kelas sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling, sampel yang diperoleh kelas VIII.3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuis dan tes akhir kemampuan komunikasi matematis untuk membuktikan hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian dari kuis yang diberikan, diperoleh hasil yang menunjukkan adanya perkembangan peningkatan kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Silahisabungan. Berdasarkan uji hipotesis pada tes akhir pada taraf nyata 0,05 diperoleh nilai p-value = 0,000. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square terhadap kemampuan komunikasi matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArmiati, ArmiatiUNSPECIFIED
CorrectorJamaan, Elita ZustiUNSPECIFIED
CorrectorManda, Trysa GustyaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 22 Aug 2023 08:45
Last Modified: 22 Aug 2023 08:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45980

Actions (login required)

View Item View Item