Ramadhan, M. Shadaqta
(2023)
Pengaruh Fasilitas Terhadap Kepuasan Tamu pada Yello Hotel Jambi.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa permasalahan yaitu, terjadinya
penurunan occupancy, adanya keluhan tamu tentang ukuran bed yang tidak sesuai,
keluhan tamu mengunai kamar yang masih kotor, keluhan tamu dimana tentang
toilet, fasilitas guest amenities yang tidak tersedia, fasilitas antar jemput bandara
Tujuan penelitian ini Menganalisis pengaruh fasilitas terhadap kepuasan tamu.Jenis
penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif dengan data
kuantitatif.
Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan
sekunder. Populasi penelitian ini adalah tamu menginap di Yello Hotel Jambi.
Sampel penelitian berjumlah 193 orang konsumen dengan teknik pengambilan
sampel menggunakan non probability sampling. Teknik pengumpulan data
dilakukan menggunakan kuesioner (angket) dengan skala likert yang telah di uji
validitas dan reliabilitasnya. Data dari penelitian ini diolah dengan menggunakan
SPSS 25.00.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa fasilitas berada pada kategori cukup
baik yaitu 67,4%. Selanjutnya pada variabel kepuasan tamu berada pada kategori
baik yaitu 69,6%. Pengaruh fasilitas (X) dan kepuasan tamu (Y) dengan skor 37%
serta 6,5% dipengaruhi oleh faktor lain. Selanjutnya hasil analisis regresi linear
berganda diperoleh nilai F hitung 13.309 dengan sig. 0,000 < 0,05, artinya
variabel fasilita terhadap kepuasan tamu berpengaruh secara signifikan, serta
diperoleh nilai t hitung 3.648 dengan sig. 0,000 < 0,05.
Actions (login required)
|
View Item |