Wibowo, Ruci
(2023)
Pembelajaran Seni Grafis Cetak Tinggi dengan Motif Fauna Kelas IX di SMP Negeri 29 Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran seni grafis cetak tinggi dengan motif fauna kelas IX di SMP Negeri 29 Padang.
Jenis penelitian deskriptif kualitatif, yaitu metode penelitian yang menjabarkan mengenai hal yang akan diteliti dalam bentuk kata-kata. Adapun posedur pengumpulan data yaitu dari observasi, wawancara, dokumentasi dan angket bagaimana proses pembelajaran seni grafis cetak tinggi dengan motif fauna kelas IX di SMP Negeri 29 padang, kemudian dari wawancara kepada pihak yang terkait, dokumentasi dan angket sebagai pengumpulan data dalam proses pembelajaran seni grafis cetak tinggi dengan motif fauna kelas IX di SMP Negeri 29 Padang.
Hasil Penelitian pada proses pembelajaran seni grafis cetak tinggi dengan motif fauna kelas IX di SMP Negeri 29 Padang dilakukan secara tersuktrur dan sistematis. Guru memberikan pembelajaran sesuai dengan RPP, namun kenyataannya pada pelaksanaan pembelajaran dikarenakan kurangnya pengetahuan guru tentang seni grafis, waktu serta alat yang minim membuat kebanyakan siswa mendapatkan nilai yang rendah, guru memadukan seni grafis dengan seni lukis padahal kenyataannya seni grafis dan seni lukis dua hal yang berbeda, sehingga hasil karya yang dilakukan bukan sepenuhnya seni grafis. Dikarenakan pembelajaran seni grafis dilakukan semester lalu, siswa diminta untuk mengingat kembali pembelajaran seni grafis melalui angket. Di dalam angket disimpulkan bahwa respon siswa pada pembelajaran seni grafis cetak tinggi dengan motif fauna termasuk dalam kategori “Baik”.
Actions (login required)
|
View Item |