Putra, Rizki Nurzamil
(2022)
Pengaruh Kualitas Pelayanan Bellboy Terhadap Kepuasan Tamu di The Premiere Hotel Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Kualitas pelayanan terhadap tamu dapat mempengaruhi kepuasan tamu yang menginap di sebuah hotel. Namun masih ada pihak manajemen hotel yang kurang memperhatikan hal tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu ] menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan tamu. Jenis penelitian yaitu penelitian kuantitatif bentuk hubungan kausal. Tempat penelitiannya di The Premiere Hotel Padang. Variabel penelitian yaitu variabel bebas (kualitas pelayanan) dan variabel terikat (kepuasan tamu). Populasinya yaitu tamu yang pernah menginap di The Premiere Hotel Padang. Responden penlitian berjumlah 100 orang di peroleh dengan teknik sampel non probability sampling. Jenis data yaitu data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dengan komunikasi tidak langsung atau menyebarkan angket. Instrumennya yaitu kuesioner (angket) yang disusun menurut skala likert. Uji coba instrumen dengan cara uji validitas dan uji reabilitas. Data dianalisis dengan statistik dasar hasil penelitian dan deskripsi data. Uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji linearitas. Hasilnya adalah Kualitas Pelayanan kategori kurang setuju dengan persentase 44%, kepuasan tamu dalam kategori setuju dengan persentase 41% nilai R Square sebesar 0,382, dengan sig.0,002< 0,05 artinya pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan sebesar 38,2% sedangkan 61,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang belum diteliti dalam penelitian ini.
Actions (login required)
|
View Item |