Prasetia, Heru
(2023)
Pembinaan Program Pendidikan Kecakapan Wirausaha
Kerajinan Serabut Kelapa di PKBM Farilla Ilmi Kota Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lembaga Pusat Kegiatan Belajar
Masyarakat Farilla Ilmi Kota Padang yang memiliki salah satu program yaitu
Pendidikan Kecakapan Wirausaha Kerajinan Serabut Kelapa. Program
pendidikan kecakapan wirausaha dimaksudkan sebagai modal awal untuk peserta
didik, supaya maju dan kembangnya persiapan mental serta kewirausahaannya
menjadi mandiri, memahami beberapa teknik keterampilan dan juga dasar
pengelolaan usaha untuk memecahkan masalah perekonomiannya.
Penyelenggaraan program pendidikan kecakapan wirausaha kerajinan serabut
kelapa di PKBM Farilla Ilmi, terdapat salah satunya pelatihan membuat
kerajinan pot bunga dan lukisan dari sabut kelapa. Tujuan yang ingin dicapai
oleh program pendidikan kecakapan wirausaha salah satunya yaitu,
meningkatnya kemampuan usaha agar berkembang dan mewujudkan
kemampuan yang dimiliki peserta didik PKBM, memperkuat pemberdayaan
peserta didik PKBM dengan meningkatnya pengetahuan, sikap dan juga
keterampilan, meningkatkan motivasi usaha, menciptakan kesadaran tentang
pemanfaatan potensi setempat.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber
data dalam penelitian ini adalah kepala PKBM, tutor, dan warga belajar program
pendidikan kecakapan wirausaha. Teknik pengumpulan data yang digunakan
pada penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik
analisis dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Keabsahan data yang diperoleh dari penelitian ini yaitu triangulasi
sumber dan teori.
Hasil penelitian serta pembahasan yaitu 1) Bentuk-bentuk pembinaan
program pendidikan kecakapan wirausaha, 2) Gambaran program pendidikan
kecakapan wirausaha, 3) Evaluasi program pendidikan kecakapan wirausaha, 4)
Kekurangan program pendidikan kecakapan wirausaha, 5) Kerajinan serabut
kelapa.
Actions (login required)
|
View Item |