Kamil, Insan
(2023)
The EFL Learners’ Reading Anxiety Level at English Department UNP.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki tingkatan kecemasan membaca dan menentukan faktor-faktor yang paling dominant mempengaruhi kecemasan membaca Mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Padang tahun akademik 2019. Sebanyak tiga puluh Mahasiswa dilibatkan dalam penelitian ini. Data diperoleh melalui dua kuesioner. Kuesioner pertama adalah Foreign Language Reading Anxiety Scales (FLRAS) untuk menyelidiki level kecemasan membaca siswa. Kuesioner kedua adalah sebuah kuesioner yang dikembangkan untuk mencari faktor dominan penyebab kecemasan membaca. Hasil temuan pertama mengungkapkan bahwa lebih dari setengah Mahasiswa mengalami kecemasan membaca tingkat menengah (67%). 20% mengalami kecemasan membaca tingkat tinggi, dan 13% mengalami kecemasan membaca tingkat rendah. Dua aspek dari kecemasan membaca Bahasa asing adalah Text feature factor dan Personal factor. Terdapat tiga tema dalam aspek Text feature factor: unknown vocabulary (71.17% % setuju), unfamiliar topic (66.04% setuju), dan unfamiliar culture (58, 17% setuju). Terdapat dua tema pada aspek personal factor: worry about reading effect (67.36% setuju) dan fear of making errors (64% setuju). Temuan kedua mengungkapkan bahwa unknonw vocabulary menempati peringkat pertama sebagai factor yang menyebabkan terjadinya kecemasan membaca, diikuti oleh worry about reading effect di peringkat 2, unfamiliar topic di peringkat 3, fear of making error di peringkat 4, dan unfamiliar culture di peringkat 5.
Actions (login required)
|
View Item |