Azizah, Zakyatul
(2022)
Meningkatkan Keterampilan Memasang Alas Kasur melalui Metode Modeling bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas V/C di SLB Muhammadiyah Pauh IX Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang ditemukan di SLB Muhammadiyah Pauh IX Padang kelas V/C. terdapat satu orang siswa mengalami masalah dalam kemampuan memasang alas kasur. Dalam kegiatan memasang alas kasur anak belum mampu memasang alas kasur dengan rapi. Memasang alas kasur merupakan program Bina Diri yang melatih anak untuk bisa mandiri. Untuk mengatasi hal tersebut, peneliti bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memasang alas kasur menggunakan metode modeling.
Metode penelitian yang digunakan adalah Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Variabel penelitian ini meningkatkan keterampilan memasang alas kasur bagi anak tunagrahita ringan. Teknik pengumpulan data berupa tes dan alat pengumpulan data berupa instrument ceklis.
Hasil penelitian yang dilakukan selama 15 kali pertemuan, dimana pengumpulan data dilakukan dalam tiga kondisi yaitu baseline (A1) dengan perolehan hasil persentase 20%, 35%, 35%, dan 35%. Kemudian kondisi intervensi (B) dengan perolehan persentase 40%, 45%, 50%, 45%, 60%, 60% dan 60%. Dan kondisi baseline (A2) dengan perolehan hasil persentase 80%, 90%, 90% dan 90%. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa metode modeling efektif untuk meningkatkan keterampilan memasang alas kasur bagi anak tunagrahita ringan di SLB Muhammadiyah Pauh IX Padang.
Actions (login required)
|
View Item |