Naraeis, Yolanda Verica
(2022)
Peran Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Keterampilan Memotong Sayur bagi Anak Down Syndrome di SLB Bina Bangsa Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh seorang anak down syndrome yang mengikuti kegiatan memasak di SLB Bina Bangsa, dimana anak ini ikut membantu dalam kegiatan memotong sayur. Sedangkan terdapat stigma yang mengatakan bahwa anak down syndrome tidak memiliki kecakapan dalam beraktivitas sehari-hari dan hanya bergantung kepada orang lain dalam setiap kegiatannya. Kondisi ini membuat peneliti tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang bagaimana peran serta kendala yang dialami oleh guru keterampilan dalam memberikan pembelajaran kepada anak down syndrome tersebut hingga ia bisa mahir memotong sayuran.
Jenis penelitian menggunakan deskriptif kualitatif dengan metode analitis. Penelitian deskriptif dilakukan dengan tujuan membuat deskripsi, gambaran atau lukisan secara sistematis serta hubungan antar fenomena yang diselidiki. Sumber data atau informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru keterampilan di SLB Bina Bangsa. Adapun subjek dari penelitian ini adalah guru yang mengajarkan keterampilan memotong sayur pada anak down syndrome.
Hasil penelitian memunjukkan bahwa guru memiliki peran untuk membimbing, mengawasi dan melatih agar siswa dapat memisahkan batang dan daun pada sayuran, memotong, mencuci bersih sayur sebelum dimasak, membersihkan sisa sayur yang tidak terpakai ke tempat sampah, serta membereskan peralatan yang telah digunakan untuk memotong sayuran.
Actions (login required)
|
View Item |