Aprilini, Prisca
(2022)
Peningkatan Keterampilan Membuat Hiasan Dinding dari Kain Perca melalui Multimetode bagi Anak Tunagrahita ingan: Classroom Action Research Kelas VII Di SLB Negeri Merangin Mahasiswa S1.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini membahas tentang bagaimana cara meningkatkan keterampilan membuat hiasan dinding dari kain perca bagi peserta didik tunagrahita ringan melalui metode multimetode. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas VII SLB N Merangin sudah pernah belajar tentang proses pembuatan hiasan dinding dari kain perca, akan tetapi terdapat peserta didik yang memiliki nilai dibawah kriteria ketuntasan minimal (KKM). Penelitian ini akan dilaksanakan dengan dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi tindakan, analisis dan refleksi.
Adapun hasil yang diperoleh peserta didik menggunakan dua siklus yaitu AF pada tindakan siklus I adalah 50% dan pada siklus II memperoleh nilai sebesar 83%. Peserta didik JA memperoleh nilai di siklus I 54% dan di siklus II 85%. Dan untuk peserta didik IA memperoleh nilai di siklus I 60% dan pada siklus II memperoleh nilai 87%. Berdasarkan dari data tersebut, kesimpulan dari keterampilan membuat hiasan dinding dari kain perca mengalami peningkatan yang signifikan melalui metode multimetode.
Actions (login required)
|
View Item |