Saslabila, Shafa Tasya
(2023)
Pengaruh Emotional Involvement terhadap
Intention to Purchase Celebrity-Related Products
pada Penonton K-Drama dengan Behavioral
Involvement sebagai Mediasi di Indonesia.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari emotional
involvement dan berhavioral involvement terhadap intention to purchase
celebrity-related product pada penonton K-Drama di Indonesia. Populasi pada
penelitian ini adalah penonton K-Drama yang sudah menonton K-Drama
setidaknya 10 kali dan belum pernah melakukan pembelian pada produk yang
berhubungan dengan selebriti. Terdapat 250 responden yang menjadi sampel pada
penelitian ini. Data dikumpulkan dengan menyebarkan kuisioner secara online
melalui Google Form. Pengolahan data dilakukan menggunakan Structural
Equation Modeling (SEM) menggunakan perangkat lunak IBM SPSS AMOS 24.
Penelitian ini menunjukkan hasil yaitu, (1) emotional involvement berpengaruh
secara positif dan signifikan terhadap behavioral involvement. (2) Emotional
involvement tidak berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap intention to
purchase celebrity-related products. (3) Behavioral involvement berpengaruh
positif dan signifikan terhadap intention to purchase celebrity-related products. (4)
Behavioral involvement memediasi hubungan antara emotional involvement
dengan intention to purchase celebrity-related products
Actions (login required)
|
View Item |