Fajri, Hijratul
(2023)
Meningkatkan Kemampuan Bina Diri Menyapu Lantai Melalui
Model Direct Instruction bagi Anak Down Syndrome (Single Subject Research Kelas
VIII di SLB Muhammadiyah Pauh IX Padang).
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari permasalahan yang peneliti temukan di
SLB Muhammadiyah Pauh IX Padang, bahwa ada seorang anak down syndrome
sekarang ini duduk di kelas VIII/C belum bisa menyapu lantai dikelas dengan bersih
dan benar. Berdasarkan hal tersebut peneliti ingin memberikan inovasi yang
tujuannya adalah untuk membantu anak supaya bisa membersihkan lingkungan
sekitar serta melatih kemandirian dan mengurangi ketergantungan pada orang lain.
Adapun inovasi yang diberikan adalah berupa model direct instruction yang
digunakan untuk membantu anak down syndrome dalam meningkatkan kemampuan
bina diri dalam menyapu lantai.
Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dalam bentuk Single
Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Dimana kemampuan anak dilihat
pada kondisi awal (A1), lalu diberikan intervensi (B) dan setelah diberikan intervensi
(A2). Format data yang dikumpulkan adalah persentil dan dianalisis dengan analisis
visual grafis.
Hasil yang dikumpulkan dari 16 observasi dalam tiga fase yaitu baseline
(A1), menunjukkan stabil 28,5% dan meningkat (+). Fase intervensi (B) mendapatkan
data stabil 82% serta meningkat (+). Fase baseline (A2) menerima data 92,2% yang
stabil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model direct instruction efektif
digunakan untuk meningkatkan keterampilan lantai pada anak down syndrome.
Actions (login required)
|
View Item |