Jayanto, Fadhil Dwi
(2022)
Pengembangan Bahan Ajar Berbasis E-Magazine pada Mata Pelajaran Muatan Lokal Budaya Sastra Minangkabau Kelas VIII SMP.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Pengembangan Bahan Ajar Berbasis E-Magazine ini dibuat sebagai upaya dalam pemanfaatan pengunaan bahan ajar yang inovatif, kemudian bahan ajar yang digunakan oleh guru berupa LKPD dan buku teks yang sulit dipahami oleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa Bahan Ajar Berbasis E-Magazine Pada Mata Pelajaran Muatan Lokal Budaya Sastra Minangkabau Kelas VIII SMP yang layak dan praktis.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dikenal dengan istilah Research and development (R&D), model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Adapun prosedur pengembangan pada penelitian ini terdiri dari 5 tahap, yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Uji validitas produk dilakukan oleh 3 orang validator, yaitu 1 orang validator ahli materi dan 2 orang validator ahli media. Uji coba produk dilakukan kepada 27 orang siswa kelas VIII SMPN 7 Pariaman dengan tujuan untuk mengetahui kepraktisan produk yang dikembangkan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembaran angket, dokumentasi, dan format penilaian.
Berdasarkan hasil dari validasi materi diperoleh nilai 4,75 “Sangat Layak” sehingga materi dinyatakan layak untuk digunakan, hasil validasi media I diperoleh nilai 4,92 “Sangat Layak” dan validasi ahli media II diperoleh nilai 4,57 “Sangat Layak”, sehingga media dikategorikan layak untuk dicobakan. Selanjutnya uji coba praktikalitas siswa diperoleh diperoleh nilai 4,18“ Praktis”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Bahan Ajar Berbasis E-Magazine Pada Mata Pelajaran Muatan Lokal Budaya Sastra Minangkabau Kelas VIII SMP layak dan praktis untuk digunakan.
Actions (login required)
|
View Item |