Putri, Diana
(2022)
Interaksi Sosial Anak Tunarungu di Lingkungan Sekolah Penyelenggara Pendidikan Khusus: Studi Kasus di SMP Pembangunan Laboraturium UNP.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana interaksi sosial anak tunarungu di lingkungan sekolah penyelenggara pendidikan inklusi. Penelitian ini dilakukan di SMP Pembangunan Laboraturium UNP, Padang Sumatera Barat. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah satu orang berinisial MS dan informan penelitian terdiri dari subjek penelitian, guru kelas, guru pendamping khusus, teman sebaya, serta seluruh masyarakat sekolah. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik reduksi data, proses penyajian data, dan proses kesimpulan. Hasil penelitian dianalisis menggunakan teknik keabsahan yaitu dengan cara teknik triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa anak dengan hambatan pendengaran memliki ambang pendengaran 60-70 dB tidak memiliki hambatan dalam berinteraksi sosial positif dan saat berinteraksi terjadi kounikasi timbal balik. Merespon serta menunjukan sikap ramah dan memahami apa yang disampaikan oleh lawan bicaranya, subjek berkomunikasi menggunakan bahasa oral (gerak bibir). Dukungan dari sekolah, guru, orang tua, teman sebaya merupakan factor pendukung dalam perkembangan interaksi sosial di kehidupan sehari-hari, Subjek bergaul dengan temannya secara luas. subjek mengontrol emosi dan sosialnya seperti tidak mudah marah dan tersingung, tidak egois serta percaya diri, sehingga membuat subjek dengan mudah beradaptasi dengan lingkungannya.
Actions (login required)
|
View Item |