Putra, Bebi Sindi
(2022)
Pola Perilaku Mengganggu pada Siswa Autis di SLB Bina Bangsa Kota Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini diangkat dari permasalahan yang peneliti temukan pada seorang siswa autis tidak memberikan respon ketika dipanggil oleh orang disekitarnya. Siswa autis tersebut tampak menyendiri dan jarang bermain bersama teman-temannya. Kemudian siswa autis tersebut mengalami hambatan dalam komunikasi dan berinteraksi sosial.
Pada penelitian ini digunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Latar entri penelitian ini dilaksanakan di SLB Bina Bangsa Kota Padang. Responden penelitian ada 2 yaitu resonden utama yang terdiri dari satu orang siswa siswa teman siswa autis disekolah dan responden pendukung yang terdiri dari guru kelas, kepala sekolah, orang tua siswa, dan tetangga siswa. Teknik dan alat pengumupulan data penelitian yaitu teknik pengumpulan data yang digunakan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Alat pengumpulan data pada penelitin ini peneliti sendiri yang mengembangkan instrumen penelitian sederhana. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis komponensial. Kemudian teknik keabsahan data pada penelitian ini yaitu triangulasi data dan perpanjangan pengamatan.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh data mengenai bentuk perilaku mengganggu secara verbal pada siswa autis yaitu mengolok dan memanggil dengan nama buruk. Bentuk perilaku mengganggu secara fisik pada siswa autis seperti menarik jilbab teman, menarik rambut teman, menarik tangan teman, dan menyerang. Peran guru dalam mengatasi perilaku mengganggu pada siswa autis yaitu menegur yang sesuai dengan peran guru sebagai pendidik. Kemudian dampak perilaku mengganggu yang muncul pada siswa autis menyebabkan korban merasa kesakitan, risih, berteriak, dan menanggis serta dampak terhadap siswa autis sendiri berupa diserang dan dikucilkan dari lingkungan.
Actions (login required)
|
View Item |