Tullah, Genta Hidayat
(2023)
Preservasi Pengetahuan Upacara Adat Kenduri Sko sebagai Kearifan Lokal di Kabupaten Kerinci.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya preservasi pengetahuan upacara adat Kenduri Sko sebagai kearifan lokal di Kabupaten Kerinci. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Data penelitian diperoleh dari hasil wawancara dengan pakar dan dokumentator pengetahuan upacara adat Kenduri Sko. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan sebagaiberikut. Pertama, upaya preservasi pengetahuan tacit sudah dilakukan oleh peneliti, pakar, dan dokumentator dengan tahapan sempurna dari teori PreSERVe (Prepare, Scope, Elicit, Render, dan Verify). (1) prepare atau persiapan yang dilakukan dengan mempersiapkan informan dan perlengkapan wawancara tentang upacara adat Kenduri Sko. (2) scope atau cakupan yang dilakukan dengan menentukan fokus pembahasan, yaitu proses upacara adat Kenduri Sko.(3) elicit atau memperoleh yang didapat berupa tiga tahapan utama dalam kegiatan upacara adat Kenduri Sko, yaitu praacara, acara, dan pascaacara. (4) render atau penggabungan yang dilakukan dengan cara mengubah bentuk pengetahuan tacit ke pengetahuan eksplisit, dalam hal ini diubah ke dalam bentuk skripsi. (5), verify atau verifikasi dilakukan dengan cara memastikan informasi tentang upacara adat Kenduri Sko dengan teknik triangulasi metode. Kedua, upaya preservasi pengetahuan eksplisit pun sudah dilakukan dengan cara menyalin file video dari satu penyimpanan (flashdisk) ke perangkat lain dalam masyarakat setempat pelaksana upacara adat Kenduri Sko, mengunggah video hasil preservasi pengetahuan upacara adat Kenduri Sko ke media sosial, dan dalam waktu ke depan alih media buku tentang upacara adat Kenduri Sko.
Actions (login required)
|
View Item |