Kemala, Nina
(2023)
Persepsi Peserta Didik terhadap Pelaksanaan
Pembelajaran di Pusdiklat Magang Jepang Batusangkar.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh mahirnya peserta didik di Pusdiklat
Magang Jepang Batusangkar dalam berbahasa Jepang dikarenakan menjadi salah
satu pusat pendidikan dan pelatihan khusus berbahasa Jepang yang memberikan
peluang kepada orang yang ingin berkesempatan untuk bekerja keluar negeri
terkhususnya Jepang. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan persepsi
peserta Pusdiklat Magang Jepang Batusangkar terhadap tenaga pengajar, (2)
mendeskripsikan persepsi peserta Pusdiklat Magang Jepang Batusangkar terhadap
fasilitas pembelajaran, (3) mendeskripsikan persepsi peserta Pusdiklat Magang
Jepang Batusangkar terhadap media pembelajaran, (4) mendeskripsikan persepsi
peserta Pusdiklat Magang Jepang Batusangkar terhadap materi pembelajaran, (5)
mendeskripsikan persepsi peserta Pusdiklat Magang Jepang Batusangkar terhadap
metode pembelajaran, (6) mendeskripsikan persepsi peserta Pusdiklat Magang
Jepang Batusangkar terhadap waktu pembelajaran.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian
ini sebanyak 28 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random
sampling sebanyak 20 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket.
Teknik analisis data menggunakan teknik persentase untuk melihat gambaran
persepsi peserta didik Pusdiklat Magang Jepang Batusangkar.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi peserta didik
Pusdiklat Magang Jepang Batusangkar berdasarkan indikator yaitu dilihat dari
aspek tenaga pengajar, fasilitas pembelajaran, media pembelajaran, materi
pembelajaran, metode pembelajaran dan waktu pembelajaran dikategorikan baik,
hal ini dibuktikan dimana tingginya persentase pada kategori selalu. Melihat hasil
perolehan persepsi peserta didik terhadap pelaksanaan pembelajaran di Pusdiklat
Magang Jepang Batusangkar dikategorikan baik, maka diharapkan kepada
pendidik agar dapat mempertahankan pelaksanaan pembelajaran kepada peserta
didik agar dapat berkembang intelektualnya.
Actions (login required)
|
View Item |