Anggraini, Jelli
(2023)
Pengaruh Viral Marketing dan Influencer
Marketing Melalui Brand Awareness
terhadap Keputusan Pembelian Produk
Kosmetik Emina di Kota Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh viral marketing dan
influencer marketing melalui brand awareness terhadap keputusan pembelian
produk kosmetik Emina di Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian
kausatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu remaja Kota Padang yang pernah
membeli dan menggunakan produk kosmetik Emina. Penetapan jumlah sampel
sejumlah 100 sampel dengan menggunakan rumus chocran dan teknik purposive
sampling. Data yang digunakan adalah jenis data primer yang diperoleh melalui
penyebaran kuesioner kepada remaja Kota Padang dengan kriteria yang telah
ditetapkan. Metode analisis yang digunakan adalah analisis jalur (Path Analysis)
dengan menggunakan SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) viral
marketing berpengaruh signifikan dan positif terhadap brand awareness, (2)
influencer marketing berpengaruh signifikan dan positif terhadap brand
awareness(3) viral marketing berpengaruh signifikan dan positif terhadap
keputusan pembelian, (4) influencer marketing berpengaruh positif tidak
signifikan terhadap keputusan pembelian (5) brand awareness berpengaruh
signifikan dan postif terhadap keputusan pembelian, (6) viral marketing
berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian melalui brand
awareness sebagai variabel intervening, dan (7) in fluencer marketing
berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian melalui brand
awareness sebagai variabel intervening.
Actions (login required)
|
View Item |