Sari, Putri Melia
(2023)
Hubungan Komunikasi Interpersonal Instruktur dengan
Partisipasi Warga Belajar di LKP Ida Teratai Kota Payakumbuh.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya partisipasi warga belajar di
LKP Ida Teratai Kota Payakumbuh, yang diduga terkait dengan kurang efektifnya
komunikasi interpersonal instruktur. Penelitian ini bertujuan untuk melihat
gambaran komunikasi interpersonal instruktur, gambaran partisipasi warga
belajar, dan hubungan komunikasi interpersonal instruktur dengan partisipasi
warga belajar di LKP Ida Teratai Kota Payakumbuh.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional. Populasi
penelitian ini adalah warga belajar kursus menjahit di LKP Ida Teratai Kota
Payakumbuh sebanyak 24 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik
sampling jenuh yaitu semua populasi dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data
menggunakan angket dengan alat pengumpulan data menggunakan kuesioner.
Analisis data menggunakan rumus persentase dan rank order correlation.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Komunikasi interpersonal
instruktur di LKP Ida Teratai Kota Payakumbuh kurang efektif, (2) Partisipasi
warga belajar di LKP Ida Teratai Kota Payakumbuh tergolong rendah, dan (3)
Terdapat hubungan yang signifikan antara komunikasi interpersonal instruktur
dengan partisipasi warga belajar di LKP Ida Teratai Kota Payakumbuh.
Disarankan kepada (1) Instruktur agar lebih meningkatkan pola komunikasi
interpersonal yang bersifat akrab dan hangat terhadap warga belajar agar bisa
membentuk pembelajaran yang berkualitas demi meningkatkan partisipasi warga
belajar kursus menjahit di LKP Ida Teratai Kota Payakumbuh, (2) Pengelola harus
mendorong instruktur untuk lebih meningkatkan komunikasi interpersonal supaya
lebih akrab dan hangat terhadap warga belajar sehingga tercapai tujuan
pembelajaran di LKP Ida Teratai Kota Payakumbuh, dan (3) Peneliti selanjutnya
dapat mengkaji partisipasi warga belajar dengan variabel yang berbeda.
Actions (login required)
|
View Item |