Delfianti, Deby
(2023)
Hubungan Kontrol Diri dan Kecanduan Game Online
pada Siswa.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena banyaknya remaja yang
kecanduan game online, adanya keinginan bermain game online terus-menerus,
semakin meningkatnya waktu yang digunakan dalam bermain game online, gagal
untuk mengurangi usahanya dalam bermain game online. Kecanduan game online
merupakan perilaku negatif yang diduga salah satu faktor penyebabnya adalah
kontrol diri yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap hubungan
kontrol diri dengan kecanduan game online.
Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode
deskriptif dan korelasional. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive
Sampling dan didapatkan sebanyak 38 siswa kelas XI di SMAN 13 Padang.
Instumen pengumpulan data adalah angket. Data diolah dengan menggunakan
rumus pearson product momen dengan program Statistical Product and Service
Solution (SPSS) versi 20.0.
Berdasarkan hasil penelitian ini terungkap bahwa pada kecanduan game
online pada umumnya berada pada kategori tinggi dan kontrol diri siswa berada
pada kategori sedang. Berdasarkan hasil uji korelasi nilai koefisien sebesar -0,533
dengan signifikansi sebesar 0,001. Hasil penelitian juga mengungkap bahwa
terdapat hubungan negatif signifikan antara kontrol diri dengan kecanduan game
online pada siswa. Hal ini dapat diartikan bahwa terdapat hubungan antara kontrol
diri dengan kecanduan game online, semakin rendah kontrol diri maka semakin
tinggi kecanduan game online pada siswa dan sebaliknya, semakin tinggi kontrol
diri siswa, semakin rendah kecanduan game online pada siswa. Berdasarkan
temuan penelitian ini, disarankan guru BK atau Konselor memberikan bantuan
dan layanan berupa layanan informasi, layanan bimbingan kelompok dan layanan
konseling individual..
Actions (login required)
|
View Item |