Juanda, Amelia
(2023)
Pengaruh Model Pembelajaran Proyek Belajar Karakter (PBK) terhadap Keterampilan Menulis Teks Diskusi Siswa Kelas IX SMP Negeri 22 Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis poin-poin berikut. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis teks diskusi siswa kelas IX SMP Negeri 22 Padang sebelum menggunakan model pembelajaran Proyek Belajar Karakter (PBK). Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks diskusi siswa kelas IX SMP Negeri 22 Padang setelah menggunakan model pembelajaran Proyek Belajar Karakter (PBK). Ketiga, menganalisis pengaruh model pembelajaran Proyek Belajar Karakter (PBK) terhadap keterampilan menulis teks diskusi siswa kelas IX SMP Negeri 22 Padang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini ada tiga. Ketiga hal tersebut adalah: (1) keterampilan menulis teks diskusi, (2) model pembelajaran Proyek Belajar Karakter (PBK), dan (3) penerapan model Proyek Belajar Karakter (PBK) terhadap keterampilan menulis teks diskusi siswa kelas IX SMP Negeri 22 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang diterapkan adalah metode deskriptif analisis. Desain penelitian ini adalah pre-test and post-test one group design. Prosedur penelitian ini adalah: (1) pretes, (2) perlakuan, dan (3) posttest. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas IX SMPN 22 Padang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2022 sebanyak 251 siswa. Sampel pada penelitian adalah siswa kelas IX.C yang berjumlah 30 siswa. Variabel penelitian ini adalah keterampilan menulis teks diskusi siswa kelas IX SMPN 22 Padang sebelum dan sesudah diterapkan model Proyek Belajar Karakter (PBK). Data penelitian ini adalah skor tes keterampilan menulis teks diskusi siswa kelas IX SMPN 22 Padang sebelum dan sesudah diterapkan model Proyek Belajar Karakter (PBK). Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut ini. Pertama, keterampilan memproduksi teks diskusi siswa kelas kelas IX SMPN 22 Padang sebelum diterapkan model Proyek Belajar Karakter (PBK) dengan rata-rata nilai 62,36. Kedua, keterampilan memproduksi teks diskusi siswa kelas IX SMPN 22 Padang sesudah diterapkan model Proyek Belajar Karakter dengan rata-rata 78,00. Ketiga, terdapat pengaruh penerapan model Proyek Belajar Karakter (PBK) terhadap keterampilan memproduksi teks diskusi siswa kelas IX SMP Negeri 22 Padang setelah dilakukan uji-t pada taraf 0,95, diperoleh thitung> ttabel atau 7,43 >1,70. Jadi Ho ditolak dan Hi diterima. Hal ini berarti Model Proyek Belajar Karakter (PBK) berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan menulis teks diskusi di kelas IX SMPN 22 Padang dan layak untuk diterapkan.
Actions (login required)
|
View Item |