Hubungan Antara Strategi Pengelolaan Kelas dan Motivasi Belajar Siswa dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMP N 34 Padang

Sandi, Kurnia (2022) Hubungan Antara Strategi Pengelolaan Kelas dan Motivasi Belajar Siswa dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMP N 34 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_KURNIA_SANDI_18016117_3560_2022.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: untuk mendeskripsikan hubungan antara strategi guru dalam mengelola kelas dengan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indoneisa di SMP Negeri 34 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif untuk mengetahui hubungan dua variabel dengan jumlah populasi terjangkau yaitu hanya siswa kelas VIII yang berjumlah 250 siswa. Data dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan angket. Angket dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok untuk mengungkapkan data strategi pengelolaan kelas dan motivasi belajar siswa. Sedangkan hasil belajar siswa diambil dari nilai ulangan siswa. Teknik analisis yang digunakan dalam menguji hipotesis adalah teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi pengelolaan kelas berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Berdasarkan Tabel 29 didapat persentase hubunganStrategi pengelolaan kelas terhadap hasil belajar adalah r2 x 100% = (0,353)2 x 100% = 12,46%. (2) Motivasi belajar siswa berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Berdasarkan data pada tabel 29 didapat persentase hubunganMotivasi belajar siswa terhadap hasil belajar adalah r2 x 100% = (0,373)2 x 100% = 13,91%. (3) Strategi pengelolaan kelas dan motivasi belajar siswa secara bersama-sama berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Berdasarkan Uji F pada tabel diatas diperoleh nilai F = 6,076 dengan signifikan 0,006. Sehingga dapat dikatakan signifikan < 0,05 (0,006< 0,05), maka Ho ditolak, Ha diterima, artinya Strategi pengelolaan kelas (X1) dan Motivasi belajar siswa (X2) secara bersama-sama berhubungan secara signifikan terhadap hasil belajar siswa (Y).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAtmazaki, AtmazakiUNSPECIFIED
CorrectorNoveria, EnaUNSPECIFIED
CorrectorRasyid, YuliantiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: STRATEGI PENGELOLAAN KELAS, MOTIVASI BELAJAR, HASIL BELAJAR
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 26 Jun 2023 07:53
Last Modified: 26 Jun 2023 07:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44537

Actions (login required)

View Item View Item