Hanum, Nabila Melia
(2022)
Analisis Ketersediaan Pendekatan Case Based Reasoning pada Buku Teks Fisika Kelas X Semester 1 di SMA Negeri Kota Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Kurikulum 2013 memacu menggunakan pendekatan saintifik yang salah satunya dapat menerapkan pendekatan Case Based Reasoning (CBR). Case Based Reasoning (CBR) mernpakan sebuah penyelesaian masalah barn dengan menggunakan masalah dimasa lalu yang memiliki persamaan yang telah tersimpan dan menggunakan solusi tersebut untuk menyelesaikan masalah barn. Salah satu penunjang pendekatan CBR yaitu buku teks pelajaran. Buku teks pelajaran mernpakan sumber belajar utama dalam proses pelajaran. Penggunaan buku teks pelajaran di Kota Padang sangat bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketersediaan pendekatan CBR pada buku teks pelajaran yang digunakan disekolah menengah atas di Kota Padang.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan populasi seluruh buku teks pelajaran fisika untuk kelas X semester 1 yang digunakan di SMA Negeri Kota Padang. Pengambilan sampel penelitian ini adalah tiga buku teks pelajaran Fisika yang paling banyak digunakan di SMA Negeri di Kota Padang. Data pada penelitian ini diambil menggunakan instrnmen analisis indikator CBR dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan studi dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian analisis terhadap indikator CBR dalam buku teks fisika SMA I disimpulkan bahwa pada buku teks IP indikator CBR tertinggi terdapat pada tahapan retrive, sedangkan indikator CBR terendah terdapat pada tahapan tahapan retain. Buku teks TS, indikator CBR tertinggi terdapat pada tahapan reuse, sedangkan indikator CBR terendah terdapat pada tahapan tahapan revise. Buku teks ER, indikator CBR tertinggi terdapat pada tahapan retrive, sedangkan indikator CBR terendah terdapat pada tahapan tahapan retain.
Actions (login required)
|
View Item |