Augustini, Millanie Chintya
(2022)
Analisis Indikator HOTS dalam Buku Teks Fisika SMA Kelas X Semester I pada SMA Negeri di Kota Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Kurikulum merupakan pedoman bagi pendidik dan peserta didik agar terlaksana proses belajar mengajar dengan baik dalam rangka mencapai tujuan pendidikan. Kurikulum yang berlaku di Indonesia saat ini adalah kurikulum 2013 revisi 2017, yang memuat keterampilan abad 21 salah satunya HOTS. Sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013 untuk mencapai HOTS peserta didik, guru dituntut untuk menerapkan HOTS dalam pembelajaran, sehingga dibutuhkan sumber belajar salah satunya berupa buku teks yang mendukung keterampilan tersebut. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa buku teks yang digunakan pada SMA N egeri di kota Padang sangat beragam dan belum diketahui apakah buku teks tersebut sudah tersedia HOTS didalamnya. Maka dari itu, dilakukan penelitian analisis indikator HOTS dalam buku teks fisika SMA kelas X semester I.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh buku teks fisika SMA kelas X semester I yang digunakan pada SMA Negeri di Kota Padang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah tiga buku teks fisika SMA kelas X semester I terbanyak digunakan 16 SMA N egeri di kota Padang. Data penelitian ini diambil menggunakan instrumen analisis indikator HOTS dan teknik pengumpulan data melalui studi dokumentasi.
Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa ketersediaan HOTS tertinggi terdapat pada buku B dengan persentase 56%, sedangkan pada buku A dengan persentase 49,37% adalah buku teks dengan ketersediaan HOTS terendah. Berdasarkan indikator HOTS, indikator pemecahan masalah merupakan indikator HOTS yang paling banyak ditemukan dengan persentase 58,4%, sedangkan indikator yang paling sedikit ditemukan adalah indikator berpikir kreatif dengan persentase 49,25%.
Actions (login required)
|
View Item |