Larasati, Feby
(2022)
Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XII SMA Negeri 4 Sungai Penuh tentang Materi Mutasi.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Instrumen soal yang diberikan kepada peserta didik mengarah pada kemampuan peserta didik untuk bemalar dan berpikir kritis, yang mana merupakan salah satu tuntutan keterampilan pada abad-21. Pembelajaran di SMA N egeri 4 Sungai Penuh sudah berorientasi berpikir kritis, namun masih belum optimal, dan data mengenai tingkat keterampilan berpikir kritis peserta didik melalui instrumen tes yang berfokus pada aspek keterampilan berpikir kritis. Oleh karena itu, perlu dianalisis keterampilan berpikir kritis peserta didik melalui instrumen tes yang berfokus pada aspek keterampilan berpikir kritis oleh Ennis (2011 ). soal yang berfokus pada indikator keterampilan berpikir kritis. Tujuan penelitan ini adalah untuk mengetahui tingkat keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XII di SMA Negeri 4 Sungai Penuh tentang Materiutasi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sample random sampling. Data yang diperoleh melalui tes yang sudah valid dan reliabel berdasarkan hasil uji coba. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal tes keterampilan berpikir kritis peserta didik tentang meteri mutasi yang mengacu pada aspek berpikir kritis Ennis (2011). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa tingkat keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XII SMA N egeri 4 Sungai Penuh dianalisis per aspek berpikir kritis diperoleh nilai yaitu: aspek memberikan penjelaskan sederhana (basic clarification) dengan kategori rendah, aspek menentukan dasar dalam pengambilan keputusan (bases for a decision) dengan kategori rendah, aspek membuat kesimpulan (inference) dengan kategori rendah, aspek membuat penjelasan lebih lanjut (advanced clarification) dengan kategori rendah, aspek membuat anggapan dan integrasi (supposition and integration) dengan kategori sangat rendah dan aspek mengatur strategi dan taktik (strategies and tactic) dengan kategori rendah. Kesimpulan penelitian ini yaitu tingkat keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XII SMA Negeri 4 Sungai Penuh berada pada kategori rendah.
Actions (login required)
|
View Item |