Umaiyah Z, Latifah
(2022)
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas XI IPS SMA N 1 Harau.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Pemahaman konsep matematika merupakan salah satu kemampuan dasar yang diharapkan dimiliki oleh setiap peserta didik dalam pembelajaran matematika. Berdasarkan observasi yang dilakukan di kelas XI SMA Negeri 1 Harau diketahui bahwa pemahaman konsep matematika peserta didik masih rendah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan di atas adalah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dalam proses pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, menganalisis dan mendeskripsikan apakah pemahaman konsep matematika peserta didik yang belajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS lebih baik daripada pemahaman konsep peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung..
Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian nonequivalent posttest-only control group design. Populasi dari penelitian adalah peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 1 Harau tahun pelajaran 2022/2023 dengan kelas XI IPS 4 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pemahaman konsep yang dianalisis menggunakan uji hipotesis, yaitu uji-t.
Berdasarkan hasil analisis data tes pemahaman konsep matematis diperoleh bahwa pada taraf signifikan 0,05 dengan melakukan uji-t diperoleh P- value = 0,014 karena P-value < a maka Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan Hal bahwa pemahaman konsep matematis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran TPS lebih baik daripada pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran langsung.
Actions (login required)
|
View Item |