Ashari, Jamaluddin
(2022)
Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Knisley Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Solok.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Hasil belajar merupakan salah satu tolok ukur keberhasilan proses pembelajaran. Semakin baik hasil belajar yang diperoleh maka proses belajar dapat dikatakan berhasil. Namun dari data hasil belajar peserta didik kelas XI MIPASMA Negeri 1 Solok masih rendah. Salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar adalah model pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran. Maka, salah satu cam untuk meningkatkannya adalah dengan menerapkan Model Pembelajaran Matematika Knisley. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil belajar peserta didik selama diterapkannya Model Pembelajaran Matematika Knisley dan mengetahui apakah hasil belajar matematika peserta didik yang pembelajarannya menerapkan Model Pembelajaran Knisley lebih baik daripada peserta didik yang belajar dengan pembelajaran langsung di kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Solok.
Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasy experiment) dengan rancangan non-equivalent posttest only control group design. Populasi pada penelitian adalah peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Solok dengan kelas XI MIPA 2 dan XI MIPA 4 sebagai kelas sampel. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes akhir hasil belajar dalam bentuk uraian.
Berdasarkan analisis data dengan menggunakanuji - t, diperoleh Pvalue = 0,003. Karena Pvalue < 0,05 maka tolak H0, dan terima H1. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika peserta didik yang menerapkan model pembelajaran Model Pembelajaran Matematika Knisley lebih baik daripada hasil belajar matematika peserta didik yang menerapkan model pembelajaran langsung di kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Solok.
Actions (login required)
|
View Item |